REFLEKSI ALPRO MINGGU KE-2 (5 Maret 2015)

Di pertemuan Alpro minggu ke-2 ini kami membahas dari apa yang ada di Power Point minggu ke-2, Program Development steps dan rencana perkuliahan bulan ini. Serta diadakan kembali demo Raptor, Jeliot dan Persiapan Praktikum, kelas kami (kelas C) dengan jadwal Sabtu, 7 Maret 2015 pukul 08.30 WIB.


1. Perkuliahan 
Apa saja yang telah di pelajari dan didapatkan di minggu ke-2 ini?
Program Development Steps, yaitu langkah pengembangan program.
Di kelas, kami menerapkannya untuk menghitung jarak dan mencari titik tengahnya. Langkahnya sebagai berikut

Yang dapat saya simpulkan dari mempelajari program development steps adalah langkah pengambangan program harus rinci, detail, serta dengan urutan yang benar input, proses, maupun outputnya.

Selanjutnya kami lebih banyak diberi waktu untuk berdiskusi kelompok membahas tentang sekuen, contoh sekuen dan tidak sekuen, analisis bank, serta membuat program dari salah satu soal yang telah disediakan di PPT dan rencana perkuliahan minggu ini. Hasil diskusi kelompok telah saya posting di postingan saya sebelumnya.

Manakah yang belum kelompok Anda mengerti? Mengapa belum mengerti? Bagaimana mengatasinya?
Kelompok saya belum mengerti tentang analisis bank yaitu nominal uang yang nantinya diubah menjadi huruf (Contoh : Rp 30.000 menjadi Tiga puluh ribu rupiah). Kami belum mengerti karena memang agak rumit, jumlah digit tidak selalu sama, sehingga banyak kemungkinan penyebutan menjadi hurufnya berbeda-beda. Kami akan berusaha menganalisis lebih detail lagi.



2. Demo Raptor Jeliot dan Persiapan Praktikum
Sabtu, 7 Maret 2015 pukul 08.30 WIB, diadakan kembali demo Raptor, Jeliot dan Persiapan Praktikum untuk yang kedua.

Apa saja yang telah di pelajari dan didapatkan di Demo Raptor, Jeliot dan Persiapan Praktikum untuk yang kedua?
Kami lebih banyak mempelajari tentang penggunaan class. Awalnya kami menggunakan raptor untuk menukarkan 2 buah nilai bukan inputan. Menggunakan procedure tukar dan output





Setelah itu, kami membuatnya dengan bahasa c++. Agar lebih cepat, bisa menggnakan menu generate c++ pada Raptor. Tinggal mengubah sedikit agar program bisa dijalankan. Hasilnya akan seperti ini 

Program menukar dua nilai tanpa inputan


Lalu, menjalankan program di Jeliot juga. Agar lebih mudah, generate dari Raptor. Pilih menu generate IT105 Java. Kemudian buka menggunakan notepad file .java nya. Copy isinya ke Jeliot lalu ubah sedikit agar program bisa dijalankan.

Apakah yang belum Anda mengerti dari mengikuti Demo Raptor, Jeliot dan Persiapan Praktikum untuk yang kedua?
Mengubah ke bahasa Java agar bisa dijalankan di Jeliot. Karena kami belum belajar syntax Java yang benar. Saya mencoba mengutak-atiknya sendiri tetapi belum berhasil menjalankan programnya.

Bagaimana Anda mengatasinya?
Belajar syntax Java, bisa dengan belajar mandiri, bertanya ke teman, atau bertanya ke orang yang lebih tau agar setiap akan menjalankan program lewat Jeliot berhasil.


Semoga kedepannya bisa dan harus bisa memperbaiki apa yang belum dapat diatasi minggu ini, Sehingga tidak ada sesuatu yang membebani untuk mengikuti minggu-minggu selanjutnya.










Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kasus 4.7 ALPRO - Program Menghitung Pangkat dengan x Bilangan Real dan y Bilangan Bulat (Looping)

Program pengisian BBM (Looping)

Kasus 3.4 ALPRO - Program Konversi Nilai Angka ke Nilai Huruf