REFLEKSI ALPRO MINGGU KE-1

1. Pra, saat, dan pasca perkuliahan minggu-1

Di Semester 2 ini anak Informatika UAD 2014 bertemu dengan mata kuliah Algoritma Pemrograman (alias Alpro). Dari sebelum masuk aktif perkuliahan, kami sudah diberi beberapa aktivitas yaitu



Apakah aktivitas-aktivitas tersebut sudah dilakukan?
Keenam kegiatan tersebut sudah saya lakukan. Dengan memanfaatkan hp yang saya miliki untuk selalu update informasi mengenai Alpro, lalu jika waktu luang saya mengerjakannya dengan laptop agar lebih leluasa. Karena seperti yang dikatakan oleh dosen Alpro kami, Pak Wahyu Pujiono, “Optimalkan yang Anda punya”. Sehingga, insyaAllah tidak ketinggalan informasi dan bisa mengerjakan apa yang di intruksikan dengan baik


Pertemuan pertama Alpro dosen menjelaskan adab belajar, deskripsi singkat perkuliahan, buku pegangan, jadwal, mekanisme teknis pembelajaran, sistem penilaian, dan sanksi pelanggaran akademik. Di akhir pertemuan dosen mengumumkan akan diadakan demo Raptor, Jeliot dan Persiapan Praktikum, kelas kami (kelas C) memilih jadwal Sabtu, 28 Februari 2015 pukul 08.30 WIB.



2. Demo Raptor, Jeliot dan Persiapan Praktikum

Apakah yang harus disiapkan sebelum mengikuti demo Raptor, Jeliot dan Persiapan Praktikum?
Laptop yang didalamnya telah terinstall Raptor, Jeliot, dan 2 compiler C++. Serta pastinya sampai di lokasi sebelum dimulai, agar dapat mengikuti kegiatan dengan utuh.

Sudahkah semua disiapkan sebelum mengikuti demo Raptor, Jeliot dan Persiapan Praktikum?
Jika belum, bagaimanakah mengatasinya?
Waktu itu kurang menginstall 1 compiler c++, yaitu Borland karna sudah terlalu larut untuk melanjutkan tahap instalasi. Sehingga,  pagi-pagi 1½ jam sebelum kegiatan tersebut dimulai, saya janjian dengan teman satu kelompok TP saya untuk meginstall Borland tersebut bersama. Namun 2 versi Boland yang saya unduh gagal di install di laptop saya karna Borland 5.02 yang saya unduh tidak mendukung untuk 64 bit. Sedangkan Borland 6 juga gagal untuk diinstall. Mengatasinya dengan hanya menggunakan 1 compiler c++ yaitu dev c++ selama kegiatan berlangsung, lalu untuk kegiatan selanjutnya mencoba mencari compiler c++ lain.

Apa sajakah target yang diharapkan tercapai dari mengikuti demo Raptor, Jeliot dan Persiapan Praktikum?








Manakah yang belum tercapai? Mengapa belum tercapai? Bagaimana mengatasinya?
Translate C++ ke Java, karena JDK belum terinstall di laptop. Mengatasinya dengan download JDK, dan mencoba translate C++ ke Java kembali sampai bisa. 
Menjalankan Java di Jeliot, karna translate C++ ke Java belum berhasil jadi belum bisa menjalankan Java di Jeliot. Mengatasinya dengan menyelesaikan translate ke C++ dulu, lalu berusaha untuk menjalankannya di Jeliot.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kasus 4.7 ALPRO - Program Menghitung Pangkat dengan x Bilangan Real dan y Bilangan Bulat (Looping)

Program pengisian BBM (Looping)

Kasus 3.4 ALPRO - Program Konversi Nilai Angka ke Nilai Huruf